Senin, 11 April 2011

SEJARAH RSS


               Saya tidak akan bicara panjang lebar mengenai sejarah RSS, yang past RSS pertama kali diperkenalkan oleh Netscape pada tahun 1999 yang digunakan pada situs My.Netscape.com. Pada waktu itu RSS yang keluar pertama kali adalah RSS versi 0.9 dan kepanjangan RSS waktu itu adalah RDF Site Summary.
Tahukah anda, bahwa logo RSS yang berwarna orange dan ada gambar sinyal radio nya itu pertama kali digunakan oleh browser Mozilla Firefox pada tahun 2005. Dan untuk pertama kalinya Internet Explorer bekerjasam dengan Mozilla yaitu IE tertarik menggunakan icon RSS pada Firefox dan menggunakannya di browser IE7. Setelah itu Opera pun mengikutinya dan sekarang icon tersebut telah menjadi simbol RSS.
Sekarang RSS telah ada dalam versi RSS 2.0 dan kepanjangannya sudah ganti menjadi Really Simple Syndication. Bahkan variannya juga sudah mulai banyak seperti Atom dan Podcasts. Tetapi RSS masih tetap paling populer karena kemudahannya sampai saat ini. Oke sekarang jika anda menemukan website yang menyediakan RSS ini berarti anda dapat menampilkan sepenggalan berita pada website tersebut kedalam website anda. Dan karena RSS bentuknya XML anda tentu harus mengubah isi RSS tersebut / Parsing kebentuk yang kita inginkan, atau minimal enak dibaca. Karena RSS berbentuk XML maka kita perlu mengetahui dulu strukturnya. Perhatikan contoh struktur dari RSS website dhimasronggobramantyo.com:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar